Penyelesaian Masalah PPNBM Soal LKS Akuntansi di MYOB

Sebenernya ini artikel sudah lama banget saya post di blog lama yang sudah dihapus, tapi ini saya kembali share ulang. Artikel ini ditulis karena pengalaman saya mengikuti salah satu perlombaan LKS akuntansi untuk tingkat provinsi :D 

Case ini saya tulis berdasarkan ujian LKS yang telah diujikan yaitu paket soal siklus akuntansi PT Karisma Digital langsug aja bruh!

Sesuai dengan kebijakan yang diterapkan pada perusahaan bahwa PPNBM di kapitalisasi sebagai harga pokok barang, atau dengan kata lain akan menambah harga pokok barang itu sendiri.
Contoh soal :

Tgl 31/12/2012 PT Karisma Digital membeli barang dagangan dari PT Nicol Photocam dengan rincian:
10 unit nicol-d700 @1200.000,- (dikenakan PPNBM)
jawab :
Harga beli : 12.000.000
PPN : 1200.000 (10% dr HB)
PPNBM : 1200.000 (10% dr HB)
total harga perolehan 14.400.000

1. Step by step (inget ya harus dibaca full)

Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini, yang pertama dengan menambah item baru dengan nama PPNBM dan yang kedua dengan mengentri secara langsung harga perolehan barang dagangan tersebut. Lebih jelasnya perhatikan langkah langkah berikut ini :

Cara 1 dengan membuat item baru dengan nama PPNBM
clip_image002
clip_image004
Penjelasan :
Membuat item baru dengan nama PPNBM, hanya di-linkan di I buy this item karena hanya untuk tujuan pembelian saja. PPNBM hanya dikenakan dari harga beli barang dagangan jadi PPNBM bersifat non taxable, isilah N-T di bagian buying detail. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.

Mengentri Transaksi
clip_image006
item baru dengan nama PPNBM akan muncul saat pembelian. Isikan data transaksi sesuai gambar diatas.

Cara Kedua Dengan Mengentri Langsung Harga Perolehan Dari Barang Dagangan Tersebut.
Dari soal diatas sudah diketahui bahwa :
Harga beli : 12.000.000
PPN : 1200.000 (10% dr HB)
PPNBM : 1200.000 (10% dr HB)
total harga perolehan 14.400.000
lihat gambar untuk mengentri transaksi, perbedaannya dari cara pertama PPNBM dihubungkan langsung ke item barang yang dibeli, dalam hal ini sebesar 1.200.000,-. Ingat lakukan prosedur sesuai dengan gambar untuk tidak mempengaruhi nilai item yang dibeli.
clip_image008

2. Kesimpulannya gini

Cara pertama dengan membuat item baru dengan nama PPNBM dinilai akan lebih efisien untuk mengentri data transaksi untuk pembelian barang yang beraneka ragam, tetapi kelemahan dari cara ini akan terjadi ketidaksamaan saldo (mismatch) antara saldo akun M inventory di buku besar( account list) dengan item card sehingga perlu dilakukan penyesuaian saat akhir periode.

Cara kedua yaitu cara langsung mengentri nilai perolehan harga barang dagangan yang dibeli terkesan lebih kompleks untuk transaksi perusahaan besar tetapi cara ini dinilai efektif karena kesamaan saldo antara akun m inventory dengan saldonya di item list sehingga tidak diperlukan penyesuaian.

Terimakasih, atas kunjungannya & Semoga bermanfaat

Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

 

Selayang Pandang

Blog yang berisi catatan tentang apa saja, cuma berbagi saja, ya berbagi cuma-cuma.